Selasa, 12 Mei 2009

Masa lalu

sepertinya semua orang punya masa lalunya masing-masing bukan?
ada yang punya cerita indah tentang masa lalunya
atau bahkan ada yang punya cerita paling buruk dari masa lalunya

lalu apa artinya?
buat saya masa lalu hanya sebuah pelajaran untuk masa esok.
seindah apapun, seburuk apapun.
tidak pernah menjadikan saya untuk takut atau malah masih terlarut.

kalau mau menceritakan masa lalu saya, bukan seseorang yg patut dibanggakan.
pemabuk, perokok, jarang pulang, tukang ribut, dingin, dan apalah.
2 taun, waktu yg relatif buat seseorang untuk berubah.

berat memang,
mencoba berubah untuk diri sendiri. untuk menjadikan saya terlihat lebih baik di mata orang lain.
kamu yg pernah kecanduan minum-minuman berakohol, mudahkah buat kamu meninggalkan mnuman yg bagai obat untukmu itu?
kamu yg perokok, mudahkah buat kamu meninggalkan batang yg sudah kamu anggap sebagai nafasmu sendiri?
kamu yg jarang pulang, mudahkah buat kamu menjadikan tembok yg kamu benci itu menjadi tempat mu berlindung?
kamu yg bersosok dingin, mudahkah buat kamu membuka diri yg sebenarnya kamu benci?

memang tidak mudah, atau bisa dikatakan terlalu sulit.
itu baru soal kebiasaan dan dirimu saja.

teman? pacar?
pasti juga ada masa lalu nya masing-masing.
dari yg punya sahabat yg berkhianat sampai punya pacar yg bajingan.
dari yg punya sahabat yg paling setia sampai punya pacar yg paling lembut dan baik.

yah semuanya masa lalu.
seburuk apapun, saya mengubah menjadi indah untuk besok
seindah apapun, saya tetap menyiapkan diri untuk besok

untuk berubah itu sulit.
banyak jalan yg harus ditempuh. tidak banyak kemudahan yg diberikan untuk kita berubah.
memang kita tidak pernah merasakan sulitnya orang lain untuk berubah, tapi alangkah bijaknya kalau kita bisa menghargai seseorang itu jika melakukan kebaikan untuk dirinya sendiri.

soal masa lalu, saya tidak pernah menjadikannya porsi lebih banyak di hari saya untuk esok.
soal masa lalu, saya tidak pernah menjadikannya kelemahan untuk diri saya sendiri.
masa lalu itu pelajaran,
bukan untuk dilupakan, tapi juga bukan sesuatu yg menghambat kita di hari esok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar